Varises Adalah Penyakit Yang Terjadi Tubuh Bagian

Penyakit Varises Itu Apa - Varises yaitu pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penimbunan darah di dalam buluh nadi tersebut. Varises ditandai dengan urat nadi vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Varises bisa berlangsung di seluruh pembuluh vena pada badan. Namun, situasi ini paling sering berlangsung di area tungkai, terutama betis, karena tekanan hebat saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga bisa muncul di area panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Sebagian besar kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada sebagian faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang tertimpa varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), elemen keturunan, dan lingkungan kerja yang mengakibatkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Pada Kaki
Buluh nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh badan ke jantung. Di dalam buluh nadi vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak bisa kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena mengakibatkan darah berbalik arah dan terjadi penumpukan darah di dalam urat nadi vena. Penimbunan inilah yang kemudian mengakibatkan urat nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali dengan inspeksi riwayat kesehatan, yang meliputi gejala, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, dan elemen akibat yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan pengujian fisik beserta mengamati bagian tubuh yang mengalami varises.

Pemeriksaan penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena pada (deep vein thrombosis). Sebagian jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan adalah USG Doppler dan angiografi.

Mengatasi Penyakit Varises
Pengobatan varises umumnya disesuaikan berdasarkan keadaan pasien secara keseluruhan, ukuran serta posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan perawatan yaitu meredakan tanda penyakit varises, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari berlangsungnya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode terapi yang umumnya digunakan adalah terapi obat dan memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya dengan terapi laser atau mengikat pembuluh vena jika tanda semakin memburuk atau varises telah menyebabkan komplikasi.

Itulah artikel penyakit varises. Semoga bermanfaat buat Anda semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top