Penyakit Sejenis Varises

Varises Penyakit Apa - Varises yaitu pembengkakan atau pelebaran buluh nadi darah vena yang disebabkan oleh adanya penimbunan darah pada pembuluh tersebut. Varises ditandai melalui pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Varises dapat berlangsung di semua buluh nadi vena dalam badan. Namun, keadaan ini paling sering berlangsung di area tungkai, terutama betis, karena tekanan hebat saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Umumnya kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada sebagian faktor lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), faktor keturunan, dan lingkungan kerja yang mengakibatkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Dan Cara Mengobatinya
Urat nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam buluh nadi vena ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah serta berlangsung penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penimbunan inilah yang kemudian menyebabkan urat nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali lewat pengujian riwayat kesehatan, yang meliputi ciri, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, dan unsur akibat yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan pengujian fisik dengan mengamati bagian tubuh yang mengalami varises.

Pemeriksaan penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena pada (deep vein thrombosis). Beberapa jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan ialah USG Doppler serta angiografi.

Penyakit Varises Dan Pengobatannya
Perawatan varises umumnya disesuaikan melalui kondisi pasien secara keseluruhan, ukuran serta posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan terapi yaitu meredakan tanda penyakit varises, mencegah varises bertambah parah, serta menghindari terjadinya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode perawatan yang umumnya digunakan yaitu terapi obat dan memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya dengan terapi laser atau mengikat pembuluh vena jika gejala semakin memburuk atau varises telah mengakibatkan komplikasi.

Itulah jurnal penyakit varises. Semoga berguna untuk Sobat semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top