Jelaskan Penyakit

Varises Penyakit Apa - Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh terdapatnya penumpukan darah di dalam urat nadi tersebut. Varises ditandai melalui pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, serta tampak bengkak atau menonjol.

Varises bisa berlaku di semua pembuluh vena dalam badan. Namun, keadaan ini paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis, karena tekanan hebat saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di area panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Sebagian besar kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan dampak seseorang tertimpa varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), unsur keturunan, serta lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri dalam jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Dan Cara Mengobatinya
Urat nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam urat nadi vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak bisa kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah dan berlangsung penumpukan darah pada pembuluh vena. Penimbunan inilah yang kemudian mengakibatkan buluh nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali lewat pengujian riwayat kesehatan, yang meliputi tanda, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, serta elemen akibat yang memicu penderita tertimpa varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan pengujian fisik beserta mengamati area badan yang mengalami varises.

Pemeriksaan penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai terdapatnya masalah lain, seperti pada vena dalam (deep vein thrombosis). Sebagian jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan yaitu USG Doppler dan angiografi.

Apakah Penyakit Varises Bisa Sembuh
Perawatan varises umumnya disesuaikan melalui kondisi pasien secara keseluruhan, ukuran serta posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan perawatan ialah meredakan penyakit gejala varises, mencegah varises bertambah parah, serta menghindari berlakunya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode terapi yang umumnya digunakan adalah terapi obat dan memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya melalui terapi laser atau mengikat urat nadi vena jika ciri semakin memburuk atau varises telah mengakibatkan komplikasi.

Itulah makalah penyakit varises. Mudah-mudahan bermanfaat buat Sobat semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top