Artikel Penyakit Varises

Penyakit Varises Itu Apa - Varises ialah pembengkakan atau pelebaran urat nadi darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam buluh nadi tersebut. Varises ditandai dengan urat nadi vena yang berwarna ungu atau biru gelap, serta tampak bengkak atau menonjol.

Varises bisa terjadi di semua urat nadi vena pada badan. Namun, kondisi ini paling sering berlangsung di area tungkai, terutama betis, karena tekanan hebat saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga bisa muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Umumnya kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada sebagian faktor lain yang bisa meningkatkan dampak seseorang tertimpa varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), elemen keturunan, serta lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyakit Varises Penyebab Dan Gejalanya
Urat nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari semua badan ke jantung. Di dalam pembuluh vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak bisa kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah serta berlangsung penumpukan darah di dalam urat nadi vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan buluh nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali dengan pemeriksaan riwayat kesehatan, yang meliputi gejala, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, dan unsur risiko yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan inspeksi fisik melalui mengamati bagian badan yang mengalami varises.

Pengujian penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena dalam (deep vein thrombosis). Beberapa jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan yaitu USG Doppler serta angiografi.

Cara Menyembuhkan Penyakit Varises Pada Kaki
Terapi varises umumnya disesuaikan dengan kondisi pasien secara keseluruhan, ukuran serta posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan pengobatan ialah meredakan ciri penyakit varises, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari terjadinya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode terapi yang umumnya digunakan adalah terapi obat serta memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya lewat terapi laser atau mengikat buluh nadi vena jika tanda semakin memburuk atau varises telah menyebabkan komplikasi.

Demikianlah jurnal penyakit varises. Semoga berguna untuk Sobat semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top