Mengenal Penyakit Varises

Varises Penyakit Apa - Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penimbunan darah pada urat nadi tersebut. Varises ditandai lewat adanya buluh nadi vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Varises dapat berlangsung di semua buluh nadi vena pada badan. Namun, situasi ini paling sering berlaku di area tungkai, terutama betis, karena tekanan besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di area panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Sebagian besar kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), faktor keturunan, serta lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri dalam jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Dan Cara Mengobatinya
Urat nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh badan ke jantung. Pada buluh nadi vena ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena mengakibatkan darah berbalik arah serta terjadi penimbunan darah di dalam urat nadi vena. Penimbunan inilah yang kemudian mengakibatkan urat nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali dengan inspeksi riwayat kesehatan, yang meliputi gejala, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, dan unsur dampak yang memicu penderita tertimpa varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik melalui mengamati bagian badan yang mengalami varises.

Inspeksi penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena pada (deep vein thrombosis). Beberapa jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan adalah USG Doppler serta angiografi.

Mengatasi Penyakit Varises
Perawatan varises umumnya disesuaikan berdasarkan keadaan pasien secara keseluruhan, ukuran serta posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan pengobatan ialah meredakan penyakit gejala varises, mencegah varises bertambah parah, serta menghindari berlakunya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode terapi yang umumnya digunakan adalah terapi obat serta memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya dengan terapi laser atau mengikat pembuluh vena jika ciri semakin memburuk atau varises telah menyebabkan komplikasi.

Itulah artikel penyakit varises. Mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top