Mengatasi Penyakit Varises

Apa Itu Penyakit Varises Usus - Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah pada urat nadi tersebut. Varises ditandai lewat adanya pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Varises bisa berlangsung di semua pembuluh vena pada tubuh. Namun, keadaan ini paling sering berlaku di area tungkai, terutama betis, karena tekanan hebat saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Sebagian besar kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada beberapa elemen lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), faktor keturunan, dan lingkungan kerja yang mengakibatkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyakit Varises Dan Penyebabnya
Urat nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari semua badan ke jantung. Pada urat nadi vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah dan berlaku penimbunan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian mengakibatkan buluh nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali melalui inspeksi riwayat kesehatan, yang meliputi gejala, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, serta unsur akibat yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan inspeksi fisik melalui mengamati bagian tubuh yang mengalami varises.

Inspeksi penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai terdapatnya masalah lain, seperti pada vena pada (deep vein thrombosis). Beberapa jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan ialah USG Doppler serta angiografi.

Obat Penyakit Varises Pada Kaki
Pengobatan varises umumnya disesuaikan berdasarkan situasi pasien secara keseluruhan, ukuran serta posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan pengobatan ialah meredakan ciri-ciri penyakit varises pada kaki, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari terjadinya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode perawatan yang umumnya digunakan adalah terapi obat dan memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya lewat terapi laser atau mengikat pembuluh vena jika ciri semakin memburuk atau varises telah mengakibatkan komplikasi.

Demikianlah artikel penyakit varises. Semoga berguna untuk Sobat semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top