Penyakit Varises Lambung

Jelaskan Penyakit Varises - Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam urat nadi tersebut. Varises ditandai lewat adanya urat nadi vena yang berwarna ungu atau biru gelap, serta tampak bengkak atau menonjol.

Varises dapat terjadi di seluruh pembuluh vena dalam badan. Namun, kondisi ini paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis, karena tekanan hebat saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga bisa muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Sebagian besar kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada sebagian elemen lain yang dapat meningkatkan akibat seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), faktor keturunan, dan lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri dalam jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Pada Kaki
Pembuluh vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari semua badan ke jantung. Di dalam buluh nadi vena ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena mengakibatkan darah berbalik arah dan berlangsung penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penimbunan inilah yang kemudian menyebabkan urat nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali lewat inspeksi riwayat kesehatan, yang meliputi gejala, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, serta elemen dampak yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik melalui mengamati bagian badan yang mengalami varises.

Pemeriksaan penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai terdapatnya masalah lain, seperti pada vena dalam (deep vein thrombosis). Sebagian jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan ialah USG Doppler dan angiografi.

Mengobati Penyakit Varises Secara Alami
Pengobatan varises umumnya disesuaikan dengan situasi pasien secara keseluruhan, ukuran dan posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan perawatan adalah meredakan ciri-ciri penyakit varises pada kaki, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari terjadinya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode perawatan yang umumnya digunakan adalah terapi obat dan memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya dengan terapi laser atau mengikat pembuluh vena jika ciri semakin memburuk atau varises telah mengakibatkan komplikasi.

Demikianlah makalah penyakit varises. Semoga bermanfaat buat Sobat semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top