Menangani Penyakit Varises

Penyakit Varises Itu Apa - Varises adalah pembengkakan atau pelebaran buluh nadi darah vena yang disebabkan oleh terdapatnya penumpukan darah di dalam urat nadi tersebut. Varises ditandai dengan urat nadi vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Varises dapat terjadi di semua pembuluh vena dalam tubuh. Namun, keadaan ini paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis, karena tekanan hebat saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Sebagian besar kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada sebagian elemen lain yang bisa meningkatkan dampak seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), unsur keturunan, serta lingkungan kerja yang mengakibatkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Esofagus
Urat nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh badan ke jantung. Di dalam buluh nadi vena ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena mengakibatkan darah berbalik arah dan terjadi penimbunan darah di dalam buluh nadi vena. Penumpukan inilah yang kemudian mengakibatkan buluh nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali melalui pemeriksaan riwayat kesehatan, yang meliputi tanda, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, serta faktor dampak yang memicu penderita tertimpa varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan inspeksi fisik dengan mengamati bagian badan yang mengalami varises.

Pemeriksaan penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena dalam (deep vein thrombosis). Sebagian jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan yaitu USG Doppler dan angiografi.

Cara Mengobati Penyakit Varises Secara Tradisional
Pengobatan varises umumnya disesuaikan melalui situasi pasien secara keseluruhan, ukuran serta posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan perawatan ialah meredakan ciri-ciri penyakit varises pada kaki, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari berlangsungnya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode terapi yang umumnya digunakan yaitu terapi obat serta memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya lewat terapi laser atau mengikat pembuluh vena jika ciri semakin memburuk atau varises telah menyebabkan komplikasi.

Demikianlah artikel penyakit varises. Mudah-mudahan berguna buat Sobat semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top