Bentuk Penyakit Varises

Jelaskan Penyakit Varises - Varises adalah pembengkakan atau pelebaran buluh nadi darah vena yang disebabkan oleh terdapatnya penimbunan darah pada pembuluh tersebut. Varises ditandai dengan buluh nadi vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Varises bisa berlangsung di seluruh buluh nadi vena dalam badan. Namun, kondisi ini paling sering berlaku di area tungkai, terutama betis, karena tekanan besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga bisa muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Umumnya kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada sebagian unsur lain yang dapat meningkatkan dampak seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), unsur keturunan, serta lingkungan kerja yang mengakibatkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Pada Kaki
Pembuluh vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari semua tubuh ke jantung. Pada buluh nadi vena ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak bisa kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah dan terjadi penumpukan darah di dalam buluh nadi vena. Penimbunan inilah yang kemudian menyebabkan buluh nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali melalui inspeksi riwayat kesehatan, yang meliputi tanda, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, serta unsur akibat yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik melalui mengamati area badan yang mengalami varises.

Inspeksi penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena dalam (deep vein thrombosis). Sebagian jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan yaitu USG Doppler serta angiografi.

Apakah Penyakit Varises Bisa Disembuhkan
Perawatan varises umumnya disesuaikan dengan situasi pasien secara keseluruhan, ukuran dan posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan pengobatan ialah meredakan penyakit gejala varises, mencegah varises bertambah parah, serta menghindari terjadinya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode perawatan yang umumnya digunakan yaitu terapi obat dan memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya dengan terapi laser atau mengikat urat nadi vena jika tanda semakin memburuk atau varises telah menyebabkan komplikasi.

Itulah informasi penyakit varises. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top