Apakah Penyakit Varises Menular

Varises Penyakit Apa - Varises yaitu pembengkakan atau pelebaran buluh nadi darah vena yang disebabkan oleh terdapatnya penumpukan darah pada pembuluh tersebut. Varises ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, dan tampak bengkak atau menonjol.

Varises dapat berlangsung di semua urat nadi vena pada badan. Namun, situasi ini paling sering berlangsung di area tungkai, terutama betis, karena tekanan besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga bisa muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Sebagian besar kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan dampak seseorang tertimpa varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), unsur keturunan, serta lingkungan kerja yang mengakibatkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Esofagus
Urat nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Pada buluh nadi vena ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak bisa kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah serta berlaku penumpukan darah pada buluh nadi vena. Penumpukan inilah yang kemudian mengakibatkan buluh nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali melalui inspeksi riwayat kesehatan, yang meliputi gejala, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, serta elemen akibat yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan inspeksi fisik dengan mengamati bagian tubuh yang mengalami varises.

Pengujian penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai terdapatnya masalah lain, seperti pada vena pada (deep vein thrombosis). Sebagian jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan yaitu USG Doppler serta angiografi.

Obat Penyakit Varises Pada Kaki
Perawatan varises umumnya disesuaikan berdasarkan kondisi pasien secara keseluruhan, ukuran dan posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan pengobatan adalah meredakan ciri penyakit varises, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari terjadinya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode perawatan yang umumnya digunakan ialah terapi obat serta memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya lewat terapi laser atau mengikat urat nadi vena jika gejala semakin memburuk atau varises telah menyebabkan komplikasi.

Itulah artikel penyakit varises. Mudah-mudahan bermanfaat buat Anda semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top