Penyakit Varises Pada Alat Kelamin Pria

Penyakit Varises Itu Apa - Varises yaitu pembengkakan atau pelebaran buluh nadi darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah pada buluh nadi tersebut. Varises ditandai dengan urat nadi vena yang berwarna ungu atau biru gelap, serta tampak bengkak atau menonjol.

Varises bisa berlangsung di semua buluh nadi vena pada tubuh. Namun, situasi ini paling sering berlangsung di area tungkai, terutama betis, karena tekanan hebat saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga bisa muncul di area panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Umumnya kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada sebagian faktor lain yang bisa meningkatkan akibat seseorang tertimpa varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), elemen keturunan, dan lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Pada Kaki
Pembuluh vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Pada pembuluh vena ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah serta berlaku penimbunan darah pada pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali lewat pengujian riwayat kesehatan, yang meliputi gejala, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, dan faktor risiko yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan pengujian fisik melalui mengamati area tubuh yang mengalami varises.

Inspeksi penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena pada (deep vein thrombosis). Sebagian jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan yaitu USG Doppler dan angiografi.

Apakah Penyakit Varises Bisa Sembuh
Perawatan varises umumnya disesuaikan berdasarkan situasi pasien secara keseluruhan, ukuran dan posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan perawatan yaitu meredakan ciri penyakit varises, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari terjadinya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode pengobatan yang umumnya digunakan yaitu terapi obat serta memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya lewat terapi laser atau mengikat buluh nadi vena jika gejala semakin memburuk atau varises telah menyebabkan komplikasi.

Demikianlah berita penyakit varises. Semoga berguna untuk Anda semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top