Kasus Penyakit Varises

Penyakit Varises Itu Apa - Varises adalah pembengkakan atau pelebaran urat nadi darah vena yang disebabkan oleh terdapatnya penumpukan darah pada pembuluh tersebut. Varises ditandai melalui buluh nadi vena yang berwarna ungu atau biru gelap, serta tampak bengkak atau menonjol.

Varises dapat terjadi di semua urat nadi vena dalam badan. Namun, kondisi ini paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis, karena tekanan besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga bisa muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Umumnya kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada sebagian elemen lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), elemen keturunan, serta lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri dalam jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Dan Cara Mengatasinya
Pembuluh vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh badan ke jantung. Pada buluh nadi vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena mengakibatkan darah berbalik arah serta berlangsung penumpukan darah pada pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian mengakibatkan pembuluh vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali lewat pengujian riwayat kesehatan, yang meliputi ciri, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, dan elemen dampak yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan inspeksi fisik melalui mengamati bagian tubuh yang mengalami varises.

Pengujian penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena dalam (deep vein thrombosis). Beberapa jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan adalah USG Doppler serta angiografi.

Penyakit Varises Dan Penyembuhannya
Pengobatan varises umumnya disesuaikan melalui keadaan pasien secara keseluruhan, ukuran dan posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan perawatan yaitu meredakan ciri penyakit varises, mencegah varises bertambah parah, serta menghindari terjadinya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode perawatan yang umumnya digunakan adalah terapi obat dan memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya lewat terapi laser atau mengikat pembuluh vena jika gejala semakin memburuk atau varises telah menyebabkan komplikasi.

Demikianlah berita penyakit varises. Semoga bermanfaat buat Sobat semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top