Karakteristik Penyakit Varises

Penyakit Varises Itu Apa - Varises ialah pembengkakan atau pelebaran buluh nadi darah vena yang disebabkan oleh adanya penimbunan darah di dalam pembuluh tersebut. Varises ditandai melalui pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, serta tampak bengkak atau menonjol.

Varises dapat berlaku di semua pembuluh vena dalam badan. Namun, keadaan ini paling sering berlangsung di area tungkai, terutama betis, karena tekanan hebat saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Umumnya kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada beberapa elemen lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang tertimpa varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), faktor keturunan, serta lingkungan kerja yang mengakibatkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Pada Kaki
Pembuluh vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Pada pembuluh vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah dan berlaku penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penimbunan inilah yang kemudian menyebabkan urat nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali dengan pemeriksaan riwayat kesehatan, yang meliputi tanda, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, serta unsur dampak yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan inspeksi fisik dengan mengamati area tubuh yang mengalami varises.

Inspeksi penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai terdapatnya masalah lain, seperti pada vena pada (deep vein thrombosis). Sebagian jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan yaitu USG Doppler dan angiografi.

Apakah Penyakit Varises Bisa Disembuhkan
Terapi varises umumnya disesuaikan melalui situasi pasien secara keseluruhan, ukuran dan posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan pengobatan yaitu meredakan gejala penyakit varises otak, mencegah varises bertambah parah, serta menghindari berlakunya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode pengobatan yang umumnya digunakan ialah terapi obat dan memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya dengan terapi laser atau mengikat pembuluh vena jika tanda semakin memburuk atau varises telah mengakibatkan komplikasi.

Demikianlah berita penyakit varises. Semoga bermanfaat buat Anda semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top