Foto Penyakit Varises

Varises Penyakit Apa - Varises yaitu pembengkakan atau pelebaran buluh nadi darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah pada pembuluh tersebut. Varises ditandai melalui urat nadi vena yang berwarna ungu atau biru gelap, serta tampak bengkak atau menonjol.

Varises dapat terjadi di seluruh urat nadi vena pada tubuh. Namun, situasi ini paling sering berlangsung di area tungkai, terutama betis, karena tekanan besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga bisa muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Umumnya kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada sebagian elemen lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), faktor keturunan, dan lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyakit Varises Penyebab Dan Gejalanya
Urat nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh badan ke jantung. Pada pembuluh vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah serta terjadi penumpukan darah pada buluh nadi vena. Penimbunan inilah yang kemudian mengakibatkan buluh nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali lewat pemeriksaan riwayat kesehatan, yang meliputi ciri, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, serta elemen akibat yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan mengamati area badan yang mengalami varises.

Pengujian penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena dalam (deep vein thrombosis). Beberapa jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan adalah USG Doppler serta angiografi.

Cara Mengobati Penyakit Varises Secara Tradisional
Pengobatan varises umumnya disesuaikan berdasarkan kondisi pasien secara keseluruhan, ukuran dan posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan pengobatan yaitu meredakan ciri-ciri penyakit varises pada kaki, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari berlakunya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode perawatan yang umumnya digunakan ialah terapi obat serta memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya dengan terapi laser atau mengikat buluh nadi vena jika ciri semakin memburuk atau varises telah mengakibatkan komplikasi.

Demikianlah informasi penyakit varises. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top