Apakah Penyakit Varises Bisa Sembuh

Apa Itu Penyakit Varises Usus - Varises ialah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penimbunan darah pada buluh nadi tersebut. Varises ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, serta tampak bengkak atau menonjol.

Varises bisa berlangsung di seluruh buluh nadi vena dalam badan. Namun, kondisi ini paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis, karena tekanan besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga dapat muncul di area panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Umumnya kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan dampak seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), unsur keturunan, dan lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri dalam jangka waktu lama.

Penyakit Varises Disebabkan Oleh
Buluh nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari semua badan ke jantung. Pada buluh nadi vena ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena mengakibatkan darah berbalik arah serta berlangsung penumpukan darah di dalam buluh nadi vena. Penimbunan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali lewat pengujian riwayat kesehatan, yang meliputi ciri, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, dan faktor dampak yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan mengamati bagian badan yang mengalami varises.

Pengujian penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai terdapatnya masalah lain, seperti pada vena pada (deep vein thrombosis). Sebagian jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan yaitu USG Doppler serta angiografi.

Mengobati Penyakit Varises Secara Alami
Terapi varises umumnya disesuaikan berdasarkan kondisi pasien secara keseluruhan, ukuran serta posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan perawatan adalah meredakan ciri-ciri penyakit varises pada kaki, mencegah varises bertambah parah, serta menghindari berlangsungnya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode perawatan yang umumnya digunakan adalah terapi obat serta memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya melalui terapi laser atau mengikat pembuluh vena jika gejala semakin memburuk atau varises telah mengakibatkan komplikasi.

Itulah artikel penyakit varises. Semoga berguna untuk Sobat semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top