Penyakit Varises Dapat Dicegah Dengan Cara

Jelaskan Penyakit Varises - Varises ialah pembengkakan atau pelebaran urat nadi darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam urat nadi tersebut. Varises ditandai lewat adanya pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, serta tampak bengkak atau menonjol.

Varises bisa terjadi di semua pembuluh vena dalam tubuh. Namun, keadaan ini paling sering terjadi di area tungkai, terutama betis, karena tekanan besar saat kita berdiri atau berjalan. Varises juga bisa muncul di area panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Umumnya kasus varises di tungkai dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, ada beberapa elemen lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena varises, yaitu pertambahan usia, berat badan berlebih (obesitas), unsur keturunan, serta lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri pada jangka waktu lama.

Penyebab Penyakit Varises Pada Kaki
Urat nadi vena berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Di dalam buluh nadi vena terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah, sehingga darah yang telah melewatinya tidak dapat kembali lagi.

Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan darah berbalik arah dan berlangsung penimbunan darah di dalam buluh nadi vena. Penimbunan inilah yang kemudian menyebabkan urat nadi vena melebar.

Diagnosis Varises
Diagnosis varises diawali melalui pengujian riwayat kesehatan, yang meliputi ciri, riwayat penyakit, kebiasaan, lingkungan kerja, dan elemen dampak yang memicu penderita terkena varises. Selanjutnya, dokter akan melakukan inspeksi fisik beserta mengamati area tubuh yang mengalami varises.

Pemeriksaan penunjang jarang dilakukan, kecuali dokter mencurigai adanya masalah lain, seperti pada vena pada (deep vein thrombosis). Beberapa jenis tes penunjang yang mungkin dilakukan yaitu USG Doppler dan angiografi.

Apakah Penyakit Varises Bisa Disembuhkan
Perawatan varises umumnya disesuaikan berdasarkan situasi pasien secara keseluruhan, ukuran dan posisi varises, serta tingkat keparahan varises. Tujuan perawatan ialah meredakan gejala penyakit varises otak, mencegah varises bertambah parah, dan menghindari berlakunya komplikasi berupa luka atau perdarahan.

Metode pengobatan yang umumnya digunakan yaitu terapi obat serta memakai stoking khusus yang dinamakan stoking kompresi.

Jika rasa tidak nyaman atau nyeri akibat varises semakin terasa, maka dokter akan merekomendasikan prosedur bedah baik bedah kecil maupun besar, misalnya dengan terapi laser atau mengikat urat nadi vena jika tanda semakin memburuk atau varises telah mengakibatkan komplikasi.

Itulah artikel penyakit varises. Mudah-mudahan bermanfaat buat Anda semuanya.


Tag : penyakit varises
Back To Top