Sebutkan Ciri Ciri Penyakit Varises

Apakah Anda mempunyai varises? Buat menjawab persoalan ini dengan benar, tentunya bagusnya kita harus konfirmasi kepada dokter, tetapi sebelum ke sana tak ada salahnya andai kita mengenal dahulu ciri ciri varises dan cara mengatasinya lebih dulu.

Varises adalah penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya adalah darah akan mengumpul dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah serta melebar.

Keadaan yang demikian bakal mengakibatkan berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises nggak menimbulkan ciri apapun. Tetapi apabila gejala tersebut terjadi, maka berbagai ciri berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang terlihat biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang fatal dapat timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, terdapat pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seumpama varises tapi ukurannya lebih kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat dengan permukaan kulit dan sering kelihatan berwarna merah atau biru. Bisa timbul di kaki, wajah, serta dada.

Di atas itu adalah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Permulaan Varises
Pasien dengan keadaan medis tertentu mesti waspada terhadap tanda awal varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status berat badan berlebih (obesitas). Perubahan di kulit seringkali menjadi tanda awal yang dapat diamati.

Pembuluh darah akan tampak membesar dan mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises biasanya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Meskipun varises tak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun bisa memicu ketidaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri di kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita juga mungkin mengalami perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang timbul pembengkakan. Ruam pada kulit juga dapat terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi kelewat gelap, kalau tidak segera ditangani bisa mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises sedang seumpama di atas, maka lakukanlah pergantian gaya hidup. namun, apabila hal tersebut tidak membantu serta varises tampak semakin memburuk, maka Anda mesti pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan situasi Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top