Ciri Ciri Varises Pada Ibu Hamil

Betulkah Anda mempunyai varises? Untuk menjawab pertanyaan ini dengan tepat, tentunya bagusnya kita mesti konfirmasi kepada ahlinya, tetapi sebelum itu tidak ada salahnya andai kita mengetahui dahulu ciri ciri urat varises lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya ialah darah akan terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan akan menjadi lemah dan melebar.

Keadaan yang demikian bakal mengakibatkan berbagai gejala varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises nggak mengakibatkan gejala apapun. Namun apabila gejala tersebut terbentuk, maka berbagai tanda berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang gawat dapat timbul ulkus atau borok pada kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, ada juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya kelewat kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seperti jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat pada permukaan kulit dan sering kelihatan berwarna merah atau biru. Bisa timbul di kaki, wajah, serta dada.

Di atas itu adalah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Permulaan Varises
Pasien dengan situasi medis tertentu mesti waspada terhadap gejala awal varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya pada masa kehamilan atau dengan status fatal badan berlebih (obesitas). Perubahan pada kulit seringkali menjadi gejala permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah akan tampak membesar serta mengalami perubahan warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises umumnya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Walaupun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi dapat mengakibatkan kenggaknyamanan dan bisa menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita juga mungkin mendapati perasaan berat di kaki dan terkadang terjadi pembengkakan. Ruam pada kulit pun dapat terbentuk yang disusul dengan warna kulit yang menjadi lebih gelap, andai tidak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises saat hamil seperti di atas, maka lakukanlah perubahan gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut tak membantu dan varises terlihat semakin memburuk, tentu saja Saudara harus pergi ke dokter untuk diagnosis serta terapi yang sesuai dengan kondisi Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top