Ciri-Ciri Orang Yang Terkena Penyakit Varises

Betulkah Saudara menderita varises? Buat menjawab pertanyaan ini dengan benar, tentu saja idealnya kita harus konfirmasi kepada dokter, namun sebelum itu nggak ada salahnya kalau kita mengetahui dahulu ciri ciri penderita penyakit varises lebih dulu.

Varises adalah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya adalah darah bakal mengumpul dalam pembuluh darah yang akhirnya bakal menjadi lemah serta melebar.

Situasi yang demikian akan mengakibatkan berbagai ciri varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises tidak mengakibatkan tanda apapun. Tetapi apabila itu timbul, maka berbagai ciri berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang kronis dapat timbul ulkus atau borok pada kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, ada juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya lebih kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seperti jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat pada permukaan kulit dan sering kelihatan berwarna merah atau biru. Dapat terjadi di kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut adalah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Tanda Permulaan Varises
Pasien dengan situasi medis tertentu harus waspada terhadap ciri awal varises. Varises dapat mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama selama kehamilan atau dengan status berat badan overweight (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi gejala permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah akan kelihatan membesar serta mendapati perubahan warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises biasanya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Meskipun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa mengakibatkan ketidaknyamanan serta bisa menjadi parah. Nyeri pada kaki akan lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita pun mungkin mendapati perasaan nggak nyaman di kaki dan terkadang terjadi pembengkakan. Ruam di kulit pun bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, andai nggak segera ditangani dapat memicu ulkus atau borok pada kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises pada remaja seperti di atas, tentu saja lakukanlah perubahan gaya hidup. namun, apabila hal tersebut tidak membantu dan varises tampak semakin memburuk, maka Saudara mesti pergi ke dokter untuk diagnosis serta terapi yang sesuai dengan kondisi Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top