Ciri Ciri Varises Dan Penyebabnya

Betulkah Sobat mempunyai varises? Untuk menjawab pertanyaan ini dengan benar, tentunya bagusnya kita mesti konfirmasi dengan dokter, namun sebelum ke sana tidak ada salahnya andai kita mengetahui dulu ciri ciri kaki kena varises lebih dulu.

Varises adalah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya ialah darah akan mengumpul dalam pembuluh darah yang akhirnya bakal menjadi lemah serta melebar.

Keadaan yang demikian bakal memicu berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises tak mengakibatkan gejala apapun. Tetapi apabila gejala tersebut terbentuk, maka berbagai tanda berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang terlihat biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang berat bisa timbul ulkus atau borok pada kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, ada pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya lebih kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seperti jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat dengan permukaan kulit serta sering terlihat berwarna merah atau biru. Bisa terbentuk pada kaki, wajah, serta dada.

Di atas tersebut adalah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Permulaan Varises
Pasien dalam situasi medis tertentu mesti waspada terhadap gejala permulaan varises. Varises dapat mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya pada masa kehamilan atau dengan status kronis badan berlebih (obesitas). Perubahan pada kulit seringkali menjadi tanda permulaan yang bisa diamati.

Pembuluh darah akan tampak membesar dan mendapati perubahan warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Walaupun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat mengakibatkan ketaknyamanan dan dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki akan kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita pun mungkin mendapati perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang terjadi pembengkakan. Ruam pada kulit juga dapat terbentuk yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, jika tidak segera ditangani bisa mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika ada ciri ciri varises pada tangan semisal di atas, tentunya lakukanlah perubahan gaya hidup. namun, apabila hal tersebut tak membantu serta varises tampak semakin memburuk, maka Anda mesti pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan keadaan Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top