Ciri Ciri Terkena Penyakit Varises

Yakinkah Saudara mempunyai varises? Demi menjawab persoalan ini secara benar, tentunya idealnya kita harus konfirmasi kepada pakarnya, namun sebelum ke sana tak ada salahnya andai kita mengetahui dulu ciri ciri kena penyakit varises lebih dulu.

Varises ialah penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya adalah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang akhirnya bakal menjadi lemah dan melebar.

Keadaan yang demikian akan menimbulkan berbagai gejala varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Pada tahap permulaan biasanya varises nggak mengakibatkan ciri apapun. Tetapi apabila gejala tersebut terbentuk, maka berbagai ciri berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang berat bisa timbul ulkus atau borok di kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seperti di atas.

Perlu diketahui, ada pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya kelewat kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk semisal jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat dengan permukaan kulit serta sering tampak berwarna merah atau biru. Dapat terjadi pada kaki, wajah, dan dada.

Di atas itu yaitu ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Jika ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Tanda Permulaan Varises
Pasien dalam situasi medis tertentu harus waspada terhadap ciri awal varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya pada masa kehamilan atau dengan status fatal badan overweight (obesitas). Pergantian di kulit seringkali menjadi tanda awal yang bisa diamati.

Pembuluh darah bakal kelihatan membesar dan mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises biasanya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Tanda Varises Lanjut
Walaupun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa menimbulkan ketaknyamanan dan bisa menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita juga mungkin mengalami perasaan berat di kaki serta terkadang terbentuk pembengkakan. Ruam di kulit juga bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi kelewat gelap, kalau tak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada ciri ciri varises pada kelamin pria seumpama di atas, maka lakukanlah perubahan gaya hidup. tetapi, apabila itu tidak membantu dan varises kelihatan semakin memburuk, tentunya Anda harus pergi ke dokter untuk diagnosis serta terapi yang sesuai dengan situasi Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top