Ciri Ciri Fisik Varises

Yakinkah Sobat mempunyai varises? Buat menjawab pertanyaan ini secara benar, tentunya idealnya kita harus konfirmasi kepada pakarnya, tetapi sebelum itu tak ada salahnya kalau kita mengetahui dulu ciri ciri dan penyebab varises lebih awal.

Varises ialah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya adalah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan akan menjadi lemah dan melebar.

Situasi yang demikian akan menimbulkan berbagai ciri varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Pada tahap permulaan biasanya varises tidak mengakibatkan gejala apapun. Tetapi apabila gejala tersebut terbentuk, maka berbagai tanda berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang tampak biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang berat bisa timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, ada juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seumpama varises tapi ukurannya lebih kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat pada permukaan kulit serta sering kelihatan berwarna merah atau biru. Bisa timbul di kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut yaitu ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Tanda Permulaan Varises
Pasien dalam keadaan medis tertentu harus waspada terhadap gejala permulaan varises. Varises bisa mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama selama kehamilan atau dengan status kronis badan berlebih (obesitas). Pergantian di kulit seringkali menjadi tanda awal yang bisa diamati.

Pembuluh darah bakal terlihat membesar serta mendapati perubahan warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Walaupun varises tak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat memicu ketaknyamanan dan dapat menjadi parah. Nyeri di kaki akan lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita pun mungkin mendapati perasaan berat di kaki dan terkadang terjadi pembengkakan. Ruam di kulit pun dapat terjadi yang disusul dengan warna kulit yang menjadi kelewat gelap, andai tidak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada ciri ciri varises pada tangan seumpama di atas, maka lakukanlah perubahan gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut nggak membantu serta varises tampak semakin memburuk, tentu saja Saudara harus pergi ke dokter buat diagnosis dan terapi yang sesuai dengan keadaan Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top