Ciri Ciri Varises Setelah Melahirkan

Yakinkah Anda memiliki varises? Untuk mengkupas persoalan ini secara benar, tentunya idealnya kita harus konfirmasi kepada ahlinya, namun sebelum itu tidak ada salahnya kalau kita mengetahui dahulu ciri ciri kaki yang terkena varises lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya ialah darah akan terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan akan menjadi lemah serta melebar.

Situasi yang demikian akan menimbulkan berbagai ciri varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Pada tahap permulaan biasanya varises tak menimbulkan ciri apapun. Tetapi apabila itu terjadi, maka berbagai gejala berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang gawat dapat timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan seperti di atas.

Perlu diketahui, ada pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya lebih kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat pada permukaan kulit dan sering terlihat berwarna merah atau biru. Dapat terbentuk pada kaki, wajah, serta dada.

Di atas tersebut yaitu ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Jika ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Tanda Awal Varises
Pasien dalam situasi medis tertentu harus waspada terhadap tanda awal varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya selama kehamilan atau dengan status gawat badan overweight (obesitas). Perubahan pada kulit seringkali menjadi tanda permulaan yang bisa diamati.

Pembuluh darah akan terlihat membesar dan mengalami pergantian warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Tanda Varises Lanjut
Walaupun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan dapat menjadi parah. Nyeri di kaki akan lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita juga mungkin mengalami perasaan berat di kaki serta terkadang timbul pembengkakan. Ruam di kulit juga dapat terjadi yang disusul dengan warna kulit yang menjadi kelewat gelap, kalau tak segera ditangani bisa mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika ada ciri ciri varises pada buah zakar semisal di atas, tentu saja lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila itu tak membantu serta varises tampak semakin memburuk, tentu saja Sobat harus pergi ke dokter buat diagnosis dan terapi yang sesuai dengan situasi Anda.
Tag : ciri varises
Back To Top