Ciri Ciri Varises Awal

Betulkah Saudara mengalami varises? Untuk mengkupas pertanyaan ini secara benar, maka baiknya kita harus konfirmasi dengan dokter, tetapi sebelum itu tak ada salahnya jika kita mengenal dulu ciri ciri varises di tangan lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya adalah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah serta melebar.

Kondisi yang demikian akan memicu berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises nggak menimbulkan tanda apapun. Namun apabila gejala tersebut terbentuk, maka berbagai tanda berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang terlihat biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang fatal bisa timbul ulkus atau borok di kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seperti di atas.

Perlu diketahui, ada pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seumpama varises tapi ukurannya lebih kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seperti jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat dengan permukaan kulit serta sering kelihatan berwarna merah atau biru. Dapat terbentuk di kaki, wajah, serta dada.

Di atas tersebut adalah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Tanda Permulaan Varises
Pasien dalam kondisi medis tertentu mesti waspada terhadap tanda permulaan varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama selama kehamilan atau dengan status kronis badan overweight (obesitas). Perubahan di kulit seringkali menjadi gejala permulaan yang bisa diamati.

Pembuluh darah akan kelihatan membesar serta mengalami perubahan warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Tanda Varises Lanjut
Walaupun varises tak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat menimbulkan ketaknyamanan dan dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki akan kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita pun mungkin mengalami perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang timbul pembengkakan. Ruam di kulit pun bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, kalau nggak segera ditangani dapat menimbulkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada ciri-ciri varises pada testis semisal di atas, tentunya lakukanlah perubahan gaya hidup. tetapi, apabila itu tak membantu dan varises tampak semakin memburuk, tentunya Saudara harus pergi ke dokter untuk diagnosis dan terapi yang sesuai dengan keadaan Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top