Gambar Ciri Ciri Varises

Yakinkah Anda menderita varises? Untuk mengkupas pertanyaan ini secara benar, maka idealnya kita harus konfirmasi dengan pakarnya, tetapi sebelum itu tak ada salahnya jika kita mengetahui dulu ciri ciri varises di tangan lebih dulu.

Varises ialah penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya ialah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang akhirnya akan menjadi lemah dan melebar.

Keadaan yang demikian bakal memicu berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Pada tahap permulaan biasanya varises tak memicu tanda apapun. Tetapi apabila itu terbentuk, maka berbagai ciri berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang gawat bisa timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, terdapat pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya kelewat kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk semisal jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat pada permukaan kulit dan sering kelihatan berwarna merah atau biru. Dapat terbentuk pada kaki, wajah, serta dada.

Di atas itu yaitu ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Permulaan Varises
Pasien dalam keadaan medis tertentu harus waspada terhadap gejala permulaan varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya selama kehamilan atau dengan status berat badan berlebih (obesitas). Perubahan pada kulit seringkali menjadi tanda permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah bakal tampak membesar serta mengalami pergantian warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises umumnya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Walaupun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan bisa menjadi parah. Nyeri di kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita juga mungkin mendapati perasaan berat di kaki dan terkadang timbul pembengkakan. Ruam di kulit pun bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi kelewat gelap, andai tak segera ditangani bisa memicu ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada ciri-ciri orang yang terkena penyakit varises semisal di atas, tentu saja lakukanlah pergantian gaya hidup. namun, apabila hal tersebut tidak membantu dan varises kelihatan semakin memburuk, maka Sobat mesti pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan kondisi Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top