Ciri Ciri Varises Rahim

Benarkah Saudara mempunyai varises? Demi menjawab persoalan ini dengan benar, maka idealnya kita harus konfirmasi dengan pakarnya, tetapi sebelum ke sana tak ada salahnya kalau kita mengetahui dahulu bagaimana ciri ciri varises lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya adalah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah serta melebar.

Kondisi yang demikian akan mengakibatkan berbagai gejala varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Pada tahap awal biasanya varises tak menimbulkan gejala apapun. Tetapi apabila gejala tersebut terjadi, maka berbagai ciri berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang fatal dapat timbul ulkus atau borok di kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, terdapat pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seumpama varises tapi ukurannya lebih kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk semisal jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat pada permukaan kulit serta sering kelihatan berwarna merah atau biru. Bisa terjadi di kaki, wajah, serta dada.

Di atas itu adalah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Awal Varises
Pasien dalam kondisi medis tertentu harus waspada terhadap gejala permulaan varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya pada masa kehamilan atau dengan status berat badan berlebih (obesitas). Pergantian di kulit seringkali menjadi tanda permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah bakal kelihatan membesar dan mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises umumnya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Walaupun varises tak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan bisa menjadi parah. Nyeri pada kaki akan kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita pun mungkin mendapati perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang timbul pembengkakan. Ruam pada kulit juga bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, kalau tak segera ditangani dapat menimbulkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika ada ciri-ciri orang yang terkena penyakit varises semisal di atas, tentu saja lakukanlah perubahan gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut nggak membantu serta varises terlihat semakin memburuk, tentunya Anda mesti pergi ke dokter untuk diagnosis dan terapi yang sesuai dengan keadaan Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top