Ciri Ciri Kaki Yang Terkena Varises

Benarkah Anda memiliki varises? Untuk mengkupas pertanyaan ini dengan tepat, maka baiknya kita harus konfirmasi kepada pakarnya, namun sebelum itu nggak ada salahnya andai kita mengenal dulu ciri ciri penderita penyakit varises lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya ialah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah serta melebar.

Kondisi yang demikian akan menimbulkan berbagai gejala varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises nggak menimbulkan ciri apapun. Namun apabila itu terbentuk, maka berbagai ciri berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang kronis bisa timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, ada pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya lebih kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat dengan permukaan kulit serta sering kelihatan berwarna merah atau biru. Dapat timbul pada kaki, wajah, serta dada.

Di atas itu yaitu ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Tanda Permulaan Varises
Pasien dalam keadaan medis tertentu mesti waspada terhadap tanda awal varises. Varises bisa mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status gawat badan berlebih (obesitas). Pergantian di kulit seringkali menjadi tanda permulaan yang bisa diamati.

Pembuluh darah akan terlihat membesar serta mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises umumnya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Tanda Varises Lanjut
Meskipun varises tak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa memicu ketidaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita juga mungkin mengalami perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang timbul pembengkakan. Ruam di kulit juga dapat terbentuk yang disusul beserta warna kulit yang menjadi kelewat gelap, jika nggak segera ditangani dapat menimbulkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada ciri-ciri varises pada betis semisal di atas, tentunya lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut tak membantu dan varises kelihatan semakin memburuk, tentu saja Sobat harus pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan situasi Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top