Ciri-Ciri Varises Pada Betis

Benarkah Anda terkena varises? Demi menjawab pertanyaan ini secara benar, tentu saja idealnya kita harus konfirmasi dengan pakarnya, namun sebelum itu tak ada salahnya andai kita mengenal dahulu ciri ciri varises dan penyebabnya lebih dulu.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya ialah darah bakal mengumpul dalam pembuluh darah yang akhirnya akan menjadi lemah dan melebar.

Kondisi yang demikian bakal mengakibatkan berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Pada tahap awal biasanya varises nggak mengakibatkan tanda apapun. Tetapi apabila itu terjadi, maka berbagai tanda berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang terlihat biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang kronis bisa timbul ulkus atau borok di kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, ada pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya lebih kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat dengan permukaan kulit dan sering terlihat berwarna merah atau biru. Dapat terjadi di kaki, wajah, serta dada.

Di atas itu adalah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Permulaan Varises
Pasien dalam keadaan medis tertentu harus waspada terhadap tanda permulaan varises. Varises bisa mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama selama kehamilan atau dengan status kronis badan overweight (obesitas). Perubahan di kulit seringkali menjadi gejala awal yang bisa diamati.

Pembuluh darah akan kelihatan membesar dan mengalami pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises umumnya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Tanda Varises Lanjut
Meskipun varises nggak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa memicu ketidaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita pun mungkin mengalami perasaan berat di kaki serta terkadang terjadi pembengkakan. Ruam di kulit juga bisa timbul yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, jika nggak segera ditangani bisa mengakibatkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada sebutkan ciri ciri penyakit varises seperti di atas, tentu saja lakukanlah pergantian gaya hidup. namun, apabila itu nggak membantu dan varises terlihat semakin memburuk, maka Saudara harus pergi ke dokter untuk diagnosis serta terapi yang sesuai dengan situasi Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top