Ciri Ciri Kaki Kena Varises

Apakah Saudara menderita varises? Buat mengkupas pertanyaan ini secara benar, maka bagusnya kita mesti konfirmasi kepada dokter, namun sebelum ke sana tak ada salahnya kalau kita mengetahui dahulu ciri ciri urat varises lebih awal.

Varises adalah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya adalah darah akan terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah dan melebar.

Situasi yang demikian bakal menimbulkan berbagai gejala varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises tak mengakibatkan tanda apapun. Namun apabila itu terjadi, maka berbagai ciri berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang terlihat biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang berat dapat timbul ulkus atau borok pada kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, terdapat juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seumpama varises tapi ukurannya lebih kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat dengan permukaan kulit dan sering kelihatan berwarna merah atau biru. Bisa terbentuk pada kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut adalah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Awal Varises
Pasien dalam kondisi medis tertentu mesti waspada terhadap ciri awal varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status gawat badan overweight (obesitas). Perubahan pada kulit seringkali menjadi ciri awal yang bisa diamati.

Pembuluh darah bakal terlihat membesar dan mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises biasanya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Tanda Varises Lanjut
Meskipun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa mengakibatkan ketidaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri di kaki bakal kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita juga mungkin mengalami perasaan nggak nyaman di kaki dan terkadang terbentuk pembengkakan. Ruam di kulit pun bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, jika tidak segera ditangani dapat memicu ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada ciri ciri varises esofagus semisal di atas, tentunya lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut tidak membantu serta varises terlihat semakin memburuk, maka Anda mesti pergi ke dokter untuk diagnosis serta terapi yang sesuai dengan situasi Anda.
Tag : ciri varises
Back To Top