Ciri Ciri Varises Pada Kaki

Yakinkah Sobat terkena varises? Demi mengkupas persoalan ini secara benar, tentunya baiknya kita harus konfirmasi kepada dokter, tetapi sebelum ke sana tidak ada salahnya jika kita mengetahui dahulu ciri ciri gejala awal varises lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya ialah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan akan menjadi lemah dan melebar.

Kondisi yang demikian bakal mengakibatkan berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises nggak mengakibatkan ciri apapun. Namun apabila itu terbentuk, maka berbagai ciri berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang gawat bisa timbul ulkus atau borok pada kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan seperti di atas.

Perlu diketahui, ada pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya kelewat kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat dengan permukaan kulit serta sering tampak berwarna merah atau biru. Dapat terjadi pada kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut ialah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Jika ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Awal Varises
Pasien dalam keadaan medis tertentu harus waspada terhadap tanda awal varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya selama kehamilan atau dengan status kronis badan overweight (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi tanda permulaan yang bisa diamati.

Pembuluh darah bakal kelihatan membesar serta mengalami perubahan warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises umumnya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Meskipun varises nggak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi dapat menimbulkan ketaknyamanan dan dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita pun mungkin mengalami perasaan berat di kaki serta terkadang terjadi pembengkakan. Ruam di kulit pun dapat terjadi yang disusul dengan warna kulit yang menjadi lebih gelap, jika nggak segera ditangani bisa mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika terdapat ciri-ciri orang yang terkena penyakit varises semisal di atas, maka lakukanlah perubahan gaya hidup. namun, apabila itu tak membantu serta varises terlihat semakin memburuk, tentunya Sobat mesti pergi ke dokter buat diagnosis dan terapi yang sesuai dengan situasi Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top