Ciri Ciri Varises Usus

Betulkah Sobat mengalami varises? Buat menjawab pertanyaan ini dengan benar, maka idealnya kita mesti konfirmasi dengan pakarnya, namun sebelum ke sana tak ada salahnya kalau kita mengenal dahulu ciri ciri dan penyebab varises lebih awal.

Varises ialah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya adalah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan akan menjadi lemah serta melebar.

Kondisi yang demikian akan menimbulkan berbagai gejala varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises tidak mengakibatkan ciri apapun. Namun apabila gejala tersebut terbentuk, maka berbagai gejala berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang kronis dapat timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seperti di atas.

Perlu diketahui, terdapat juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya lebih kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat pada permukaan kulit dan sering terlihat berwarna merah atau biru. Dapat terjadi di kaki, wajah, dan dada.

Di atas itu ialah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Jika ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Awal Varises
Pasien dalam situasi medis tertentu harus waspada terhadap tanda awal varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status berat badan berlebih (obesitas). Perubahan pada kulit seringkali menjadi gejala awal yang dapat diamati.

Pembuluh darah akan tampak membesar dan mengalami pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Walaupun varises nggak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat menimbulkan ketidaknyamanan serta bisa menjadi parah. Nyeri di kaki bakal kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita juga mungkin mendapati perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang terjadi pembengkakan. Ruam pada kulit pun dapat terjadi yang disusul dengan warna kulit yang menjadi kelewat gelap, jika tidak segera ditangani bisa memicu ulkus atau borok pada kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises sedang seperti di atas, maka lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila itu tidak membantu serta varises kelihatan semakin memburuk, maka Saudara mesti pergi ke dokter untuk diagnosis dan terapi yang sesuai dengan kondisi Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top