Ciri Ciri Varises Ringan Pada Kaki

Apakah Sobat terkena varises? Buat mengkupas persoalan ini dengan tepat, maka baiknya kita mesti konfirmasi kepada ahlinya, tetapi sebelum itu tak ada salahnya andai kita mengetahui dulu ciri ciri penderita penyakit varises lebih dulu.

Varises ialah penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya adalah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan akan menjadi lemah dan melebar.

Keadaan yang demikian bakal mengakibatkan berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Pada tahap awal biasanya varises tidak menimbulkan gejala apapun. Tetapi apabila gejala tersebut terbentuk, maka berbagai ciri berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang tampak biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang fatal dapat timbul ulkus atau borok di kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, terdapat pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya lebih kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk semisal jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat pada permukaan kulit dan sering tampak berwarna merah atau biru. Bisa timbul di kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut adalah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Awal Varises
Pasien dalam keadaan medis tertentu mesti waspada terhadap ciri awal varises. Varises dapat mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya pada masa kehamilan atau dengan status fatal badan berlebih (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi gejala permulaan yang bisa diamati.

Pembuluh darah bakal tampak membesar serta mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises umumnya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Tanda Varises Lanjut
Walaupun varises nggak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa menimbulkan kenggaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita juga mungkin mendapati perasaan berat di kaki dan terkadang timbul pembengkakan. Ruam pada kulit pun dapat terbentuk yang disusul dengan warna kulit yang menjadi lebih gelap, jika nggak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises setelah melahirkan seumpama di atas, maka lakukanlah perubahan gaya hidup. namun, apabila itu nggak membantu serta varises terlihat semakin memburuk, tentunya Sobat mesti pergi ke dokter untuk diagnosis dan terapi yang sesuai dengan keadaan Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top