Ciri Ciri Dan Penyebab Varises

Apakah Saudara terkena varises? Untuk mengkupas pertanyaan ini secara tepat, tentunya idealnya kita harus konfirmasi kepada ahlinya, namun sebelum itu nggak ada salahnya kalau kita mengetahui dahulu ciri ciri terkena penyakit varises lebih dulu.

Varises adalah penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya adalah darah bakal mengumpul dalam pembuluh darah yang akhirnya akan menjadi lemah serta melebar.

Kondisi yang demikian akan mengakibatkan berbagai ciri varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Pada tahap permulaan biasanya varises nggak menimbulkan tanda apapun. Tetapi apabila itu terbentuk, maka berbagai ciri berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang terlihat biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang berat dapat timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, terdapat juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seumpama varises tapi ukurannya lebih kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat pada permukaan kulit serta sering tampak berwarna merah atau biru. Dapat terbentuk pada kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut adalah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Jika ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Awal Varises
Pasien dengan keadaan medis tertentu mesti waspada terhadap gejala permulaan varises. Varises dapat mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama selama kehamilan atau dengan status fatal badan berlebih (obesitas). Pergantian di kulit seringkali menjadi gejala awal yang dapat diamati.

Pembuluh darah akan tampak membesar dan mengalami perubahan warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises umumnya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Walaupun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat menimbulkan ketaknyamanan dan bisa menjadi parah. Nyeri di kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita juga mungkin mengalami perasaan berat di kaki dan terkadang timbul pembengkakan. Ruam pada kulit pun bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi kelewat gelap, kalau nggak segera ditangani dapat menimbulkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada ciri ciri varises usus semisal di atas, maka lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut tak membantu dan varises tampak semakin memburuk, maka Sobat harus pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan kondisi Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top