Ciri Ciri Urat Varises

Yakinkah Saudara mempunyai varises? Buat menjawab persoalan ini dengan benar, maka bagusnya kita mesti konfirmasi kepada dokter, namun sebelum ke sana tak ada salahnya kalau kita mengetahui dahulu ciri ciri varises di betis lebih dulu.

Varises ialah penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya adalah darah akan mengumpul dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah serta melebar.

Kondisi yang demikian bakal mengakibatkan berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Pada tahap permulaan biasanya varises tak memicu gejala apapun. Tetapi apabila gejala tersebut timbul, maka berbagai tanda berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang fatal bisa timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, ada pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya lebih kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk semisal jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat dengan permukaan kulit serta sering tampak berwarna merah atau biru. Dapat timbul di kaki, wajah, serta dada.

Di atas itu adalah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Permulaan Varises
Pasien dalam situasi medis tertentu harus waspada terhadap tanda awal varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama selama kehamilan atau dengan status kronis badan overweight (obesitas). Pergantian di kulit seringkali menjadi gejala permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah akan tampak membesar serta mendapati perubahan warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Walaupun varises nggak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa menimbulkan ketaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki akan lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita juga mungkin mendapati perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang terbentuk pembengkakan. Ruam di kulit juga dapat timbul yang disusul beserta warna kulit yang menjadi kelewat gelap, kalau tidak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika terdapat ciri-ciri varises pada testis semisal di atas, maka lakukanlah perubahan gaya hidup. namun, apabila hal tersebut tidak membantu dan varises tampak semakin memburuk, tentunya Anda harus pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan kondisi Anda.
Tag : ciri varises
Back To Top