Ciri Ciri Varises Saat Hamil

Apakah Sobat memiliki varises? Demi menjawab pertanyaan ini dengan tepat, maka idealnya kita harus konfirmasi dengan ahlinya, namun sebelum ke sana tidak ada salahnya jika kita mengetahui dulu ciri ciri orang yang terkena varises lebih dulu.

Varises ialah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya adalah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah dan melebar.

Keadaan yang demikian bakal mengakibatkan berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Pada tahap permulaan biasanya varises nggak memicu tanda apapun. Tetapi apabila gejala tersebut terbentuk, maka berbagai gejala berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang berat bisa timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, terdapat pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya kelewat kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat pada permukaan kulit dan sering tampak berwarna merah atau biru. Dapat terjadi di kaki, wajah, dan dada.

Di atas itu yaitu ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Permulaan Varises
Pasien dalam kondisi medis tertentu mesti waspada terhadap gejala permulaan varises. Varises dapat mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status gawat badan overweight (obesitas). Pergantian di kulit seringkali menjadi ciri permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah akan terlihat membesar serta mendapati perubahan warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Walaupun varises tak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun bisa memicu ketidaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita pun mungkin mendapati perasaan berat di kaki dan terkadang timbul pembengkakan. Ruam pada kulit juga bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, kalau nggak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises ringan di kaki semisal di atas, tentunya lakukanlah pergantian gaya hidup. namun, apabila itu tidak membantu serta varises terlihat semakin memburuk, maka Anda mesti pergi ke dokter untuk diagnosis dan terapi yang sesuai dengan keadaan Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top