Ciri Ciri Penderita Penyakit Varises

Betulkah Sobat mengalami varises? Demi menjawab persoalan ini dengan benar, tentu saja idealnya kita harus konfirmasi kepada dokter, namun sebelum ke sana tak ada salahnya kalau kita mengetahui dahulu bagaimana ciri ciri varises lebih awal.

Varises ialah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya adalah darah akan mengumpul dalam pembuluh darah yang akhirnya akan menjadi lemah serta melebar.

Situasi yang demikian bakal menimbulkan berbagai gejala varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Pada tahap permulaan biasanya varises tidak memicu ciri apapun. Tetapi apabila itu terjadi, maka berbagai ciri berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang fatal dapat timbul ulkus atau borok pada kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, terdapat pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya kelewat kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk semisal jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat pada permukaan kulit dan sering terlihat berwarna merah atau biru. Bisa terjadi di kaki, wajah, dan dada.

Di atas itu ialah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Jika ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Tanda Permulaan Varises
Pasien dalam kondisi medis tertentu mesti waspada terhadap ciri awal varises. Varises bisa mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status gawat badan berlebih (obesitas). Pergantian di kulit seringkali menjadi tanda awal yang bisa diamati.

Pembuluh darah bakal tampak membesar serta mengalami pergantian warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises biasanya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Walaupun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi dapat menimbulkan ketidaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita juga mungkin mengalami perasaan berat di kaki dan terkadang timbul pembengkakan. Ruam di kulit pun dapat terbentuk yang disusul dengan warna kulit yang menjadi kelewat gelap, jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika ada ciri ciri varises usus seperti di atas, tentunya lakukanlah perubahan gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut tak membantu serta varises tampak semakin memburuk, maka Sobat mesti pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan situasi Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top