Ciri Ciri Varises Di Testis

Betulkah Sobat mempunyai varises? Demi mengkupas pertanyaan ini secara tepat, tentu saja bagusnya kita harus konfirmasi dengan ahlinya, namun sebelum ke sana tidak ada salahnya jika kita mengetahui dulu ciri ciri varises dan cara mengatasinya lebih dulu.

Varises adalah penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya ialah darah akan terakumulasi dalam pembuluh darah yang akhirnya bakal menjadi lemah serta melebar.

Keadaan yang demikian bakal memicu berbagai gejala varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises tidak menimbulkan gejala apapun. Tetapi apabila itu terjadi, maka berbagai gejala berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang terlihat biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang kronis bisa timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, ada juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seumpama varises tapi ukurannya lebih kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk semisal jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat dengan permukaan kulit serta sering tampak berwarna merah atau biru. Bisa timbul pada kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut ialah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Jika ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Permulaan Varises
Pasien dengan keadaan medis tertentu harus waspada terhadap gejala permulaan varises. Varises bisa mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya selama kehamilan atau dengan status fatal badan berlebih (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi gejala awal yang dapat diamati.

Pembuluh darah akan terlihat membesar serta mendapati perubahan warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises umumnya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Meskipun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat mengakibatkan ketaknyamanan dan dapat menjadi parah. Nyeri di kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita juga mungkin mendapati perasaan nggak nyaman di kaki dan terkadang terjadi pembengkakan. Ruam di kulit juga dapat terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises saat hamil seperti di atas, maka lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut tak membantu serta varises tampak semakin memburuk, tentu saja Anda harus pergi ke dokter buat diagnosis dan terapi yang sesuai dengan situasi Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top