Ciri Ciri Varises Esofagus

Betulkah Sobat menderita varises? Untuk menjawab persoalan ini secara benar, maka baiknya kita mesti konfirmasi kepada dokter, namun sebelum ke sana tak ada salahnya jika kita mengetahui dulu ciri ciri varises dan gambarnya lebih awal.

Varises ialah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya ialah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah dan melebar.

Keadaan yang demikian akan memicu berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Pada tahap awal biasanya varises nggak menimbulkan gejala apapun. Namun apabila itu terjadi, maka berbagai tanda berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang tampak biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang kronis dapat timbul ulkus atau borok di kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, ada pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seumpama varises tapi ukurannya kelewat kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk semisal jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat dengan permukaan kulit serta sering terlihat berwarna merah atau biru. Dapat terjadi pada kaki, wajah, serta dada.

Di atas tersebut adalah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Tanda Permulaan Varises
Pasien dalam keadaan medis tertentu harus waspada terhadap ciri permulaan varises. Varises bisa mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya pada masa kehamilan atau dengan status gawat badan berlebih (obesitas). Pergantian di kulit seringkali menjadi tanda permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah bakal kelihatan membesar dan mengalami perubahan warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises umumnya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Walaupun varises tak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat mengakibatkan kenggaknyamanan dan dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita pun mungkin mendapati perasaan nggak nyaman di kaki dan terkadang terjadi pembengkakan. Ruam pada kulit juga dapat timbul yang disusul dengan warna kulit yang menjadi kelewat gelap, kalau tak segera ditangani dapat memicu ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada ciri ciri varises saat hamil seperti di atas, maka lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut tidak membantu dan varises kelihatan semakin memburuk, tentunya Saudara mesti pergi ke dokter untuk diagnosis serta terapi yang sesuai dengan situasi Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top