Ciri Ciri Varises Ringan Di Kaki

Apakah Saudara terkena varises? Demi mengkupas pertanyaan ini dengan tepat, tentu saja baiknya kita mesti konfirmasi dengan dokter, namun sebelum ke sana tidak ada salahnya jika kita mengenal dulu ciri ciri kaki varises ringan lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya ialah darah akan mengumpul dalam pembuluh darah yang akhirnya bakal menjadi lemah dan melebar.

Kondisi yang demikian bakal menimbulkan berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Pada tahap awal biasanya varises tidak memicu ciri apapun. Tetapi apabila itu timbul, maka berbagai tanda berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang tampak biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang gawat dapat timbul ulkus atau borok pada kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, terdapat juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya kelewat kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat dengan permukaan kulit dan sering terlihat berwarna merah atau biru. Dapat timbul pada kaki, wajah, serta dada.

Di atas itu ialah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Permulaan Varises
Pasien dengan keadaan medis tertentu mesti waspada terhadap ciri permulaan varises. Varises dapat mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status fatal badan overweight (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi gejala permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah akan kelihatan membesar serta mengalami perubahan warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises umumnya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Walaupun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa memicu ketidaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita pun mungkin mengalami perasaan berat di kaki serta terkadang terjadi pembengkakan. Ruam di kulit pun dapat timbul yang disusul dengan warna kulit yang menjadi lebih gelap, kalau tidak segera ditangani bisa mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises ringan di kaki semisal di atas, tentu saja lakukanlah perubahan gaya hidup. namun, apabila hal tersebut tidak membantu dan varises kelihatan semakin memburuk, tentu saja Anda harus pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan situasi Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top