Ciri-Ciri Penyakit Varises Pada Kaki

Apakah Saudara terkena varises? Untuk mengkupas pertanyaan ini secara tepat, maka baiknya kita harus konfirmasi dengan pakarnya, namun sebelum ke sana tidak ada salahnya kalau kita mengetahui dulu ciri ciri kena penyakit varises lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya ialah darah akan mengumpul dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah dan melebar.

Situasi yang demikian bakal memicu berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Pada tahap awal biasanya varises tidak memicu gejala apapun. Tetapi apabila itu terjadi, maka berbagai gejala berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang tampak biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang gawat bisa timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan seperti di atas.

Perlu diketahui, terdapat juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya kelewat kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat dengan permukaan kulit dan sering kelihatan berwarna merah atau biru. Bisa timbul pada kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut ialah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Awal Varises
Pasien dengan keadaan medis tertentu mesti waspada terhadap ciri permulaan varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya pada masa kehamilan atau dengan status gawat badan berlebih (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi ciri permulaan yang bisa diamati.

Pembuluh darah akan tampak membesar dan mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises umumnya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Tanda Varises Lanjut
Walaupun varises tak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat mengakibatkan kenggaknyamanan serta bisa menjadi parah. Nyeri di kaki akan lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita pun mungkin mengalami perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang terbentuk pembengkakan. Ruam di kulit pun dapat terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, kalau tidak segera ditangani bisa menimbulkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika ada ciri ciri varises saat hamil seumpama di atas, maka lakukanlah pergantian gaya hidup. namun, apabila itu tak membantu serta varises tampak semakin memburuk, maka Sobat harus pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan keadaan Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top