Ciri-Ciri Varises Pada Testis

Benarkah Anda memiliki varises? Buat menjawab persoalan ini secara tepat, tentunya baiknya kita harus konfirmasi dengan dokter, tetapi sebelum itu tak ada salahnya andai kita mengetahui dulu ciri ciri kaki varises ringan lebih dulu.

Varises adalah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya adalah darah akan mengumpul dalam pembuluh darah yang akhirnya bakal menjadi lemah serta melebar.

Situasi yang demikian akan memicu berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Di tahap permulaan biasanya varises tak menimbulkan tanda apapun. Namun apabila gejala tersebut terbentuk, maka berbagai gejala berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang terlihat biru keunguan serta menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang kronis dapat timbul ulkus atau borok pada kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan seperti di atas.

Perlu diketahui, terdapat pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya lebih kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seperti jaring laba-laba. Spider veins terlihat dekat pada permukaan kulit serta sering tampak berwarna merah atau biru. Bisa terbentuk pada kaki, wajah, serta dada.

Di atas itu yaitu ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Permulaan Varises
Pasien dengan keadaan medis tertentu harus waspada terhadap ciri permulaan varises. Varises bisa mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Wanita tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status fatal badan berlebih (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi ciri permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah bakal terlihat membesar serta mengalami pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises umumnya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Tanda Varises Lanjut
Walaupun varises tak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun bisa menimbulkan ketidaknyamanan serta bisa menjadi parah. Nyeri di kaki akan lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita juga mungkin mengalami perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang terjadi pembengkakan. Ruam pada kulit pun bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi lebih gelap, andai nggak segera ditangani dapat menimbulkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises rahim seperti di atas, tentu saja lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila itu nggak membantu dan varises tampak semakin memburuk, tentu saja Sobat mesti pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan kondisi Anda.
Tag : ciri varises
Back To Top