Ciri Ciri Varises Di Betis

Apakah Sobat memiliki varises? Buat menjawab pertanyaan ini dengan benar, maka baiknya kita harus konfirmasi dengan ahlinya, namun sebelum itu tak ada salahnya andai kita mengetahui dulu bagaimana ciri ciri varises lebih dulu.

Varises adalah penyakit yang disebabkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya ialah darah bakal terakumulasi dalam pembuluh darah yang akhirnya bakal menjadi lemah serta melebar.

Kondisi yang demikian akan mengakibatkan berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, serta terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises nggak mengakibatkan ciri apapun. Namun apabila itu terjadi, maka berbagai ciri berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang tampak biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang berat dapat timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises dengan penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, ada juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya lebih kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk semisal jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat dengan permukaan kulit serta sering tampak berwarna merah atau biru. Dapat timbul pada kaki, wajah, dan dada.

Di atas itu ialah ciri-ciri dan gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Awal Varises
Pasien dengan keadaan medis tertentu mesti waspada terhadap ciri permulaan varises. Varises bisa mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status berat badan overweight (obesitas). Perubahan di kulit seringkali menjadi tanda awal yang bisa diamati.

Pembuluh darah bakal tampak membesar serta mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises umumnya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Meskipun varises nggak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi dapat mengakibatkan kenggaknyamanan serta bisa menjadi parah. Nyeri pada kaki akan lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita juga mungkin mendapati perasaan berat di kaki serta terkadang terbentuk pembengkakan. Ruam di kulit pun dapat timbul yang disusul beserta warna kulit yang menjadi kelewat gelap, jika tak segera ditangani bisa menimbulkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises pada ibu hamil seumpama di atas, tentu saja lakukanlah pergantian gaya hidup. namun, apabila itu tidak membantu serta varises kelihatan semakin memburuk, tentu saja Anda harus pergi ke dokter buat diagnosis dan terapi yang sesuai dengan situasi Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top