Ciri Ciri Dari Varises

Benarkah Sobat mengalami varises? Untuk mengkupas persoalan ini dengan benar, maka idealnya kita mesti konfirmasi kepada dokter, namun sebelum itu nggak ada salahnya kalau kita mengetahui dulu ciri ciri varises awal lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya ialah darah akan terakumulasi dalam pembuluh darah yang akhirnya bakal menjadi lemah dan melebar.

Keadaan yang demikian bakal memicu berbagai ciri varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Pada tahap awal biasanya varises tidak menimbulkan tanda apapun. Namun apabila itu timbul, maka berbagai ciri berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang gawat dapat timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan seperti di atas.

Perlu diketahui, terdapat pun bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya kelewat kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat dengan permukaan kulit serta sering kelihatan berwarna merah atau biru. Bisa timbul di kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut adalah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Gejala Awal Varises
Pasien dalam situasi medis tertentu harus waspada terhadap ciri permulaan varises. Varises bisa mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama selama kehamilan atau dengan status gawat badan berlebih (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi ciri permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah bakal kelihatan membesar serta mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises biasanya bisa diamati di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Meskipun varises tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa memicu ketaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri pada kaki bakal kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Penderita pun mungkin mendapati perasaan nggak nyaman di kaki serta terkadang timbul pembengkakan. Ruam di kulit juga bisa terbentuk yang disusul beserta warna kulit yang menjadi kelewat gelap, kalau tak segera ditangani dapat menimbulkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika ada ciri-ciri varises pada testis seperti di atas, maka lakukanlah perubahan gaya hidup. namun, apabila hal tersebut tak membantu serta varises terlihat semakin memburuk, maka Saudara harus pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan kondisi Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top