Ciri Ciri Varises Pada Tangan

Apakah Saudara menderita varises? Demi mengkupas persoalan ini secara benar, maka idealnya kita harus konfirmasi kepada ahlinya, namun sebelum ke sana tidak ada salahnya jika kita mengetahui dahulu ciri ciri varises dan cara mengatasinya lebih awal.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai akibatnya adalah darah akan terakumulasi dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah dan melebar.

Kondisi yang demikian akan memicu berbagai tanda varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Pada tahap permulaan biasanya varises tak memicu ciri apapun. Tetapi apabila itu terjadi, maka berbagai ciri berikut bisa mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang tampak biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Dalam kasus yang kronis dapat timbul ulkus atau borok di kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, ada juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya kelewat kecil. Sesuai dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat pada permukaan kulit serta sering kelihatan berwarna merah atau biru. Dapat terbentuk di kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut ialah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Permulaan Varises
Pasien dengan keadaan medis tertentu mesti waspada terhadap gejala permulaan varises. Varises dapat mudah timbul pada pasien yang telah didiagnosis punya cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya pada masa kehamilan atau dengan status berat badan berlebih (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi ciri awal yang dapat diamati.

Pembuluh darah bakal kelihatan membesar serta mengalami perubahan warna kemerahan, kebiruan, serta keunguan. Pembuluh darah akan sedikit menonjol dan berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Walaupun varises nggak dianggap sebagai penyakit yang serius, tetapi bisa mengakibatkan kenggaknyamanan serta bisa menjadi parah. Nyeri di kaki bakal lebih dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita juga mungkin mendapati perasaan berat di kaki serta terkadang terbentuk pembengkakan. Ruam pada kulit pun dapat terbentuk yang disusul dengan warna kulit yang menjadi lebih gelap, andai tidak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok pada kaki.

Ketika ada ciri ciri varises pada kaki semisal di atas, maka lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut nggak membantu serta varises kelihatan semakin memburuk, tentu saja Saudara harus pergi ke dokter buat diagnosis serta terapi yang sesuai dengan situasi Saudara.
Tag : ciri varises
Back To Top