Ciri Ciri Varises Pada Remaja

Benarkah Anda mengalami varises? Demi menjawab persoalan ini secara benar, maka idealnya kita harus konfirmasi kepada pakarnya, tetapi sebelum ke sana nggak ada salahnya kalau kita mengenal dulu ciri ciri kaki kena varises lebih dulu.

Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya ialah darah bakal mengumpul dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan bakal menjadi lemah dan melebar.

Keadaan yang demikian bakal memicu berbagai ciri varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Pada tahap awal biasanya varises tidak menimbulkan tanda apapun. Tetapi apabila gejala tersebut terjadi, maka berbagai ciri berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, serta berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang kronis dapat timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot dan pembengkakan di tungkai bawah
- Rasa sakit pada kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri lama
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan seumpama di atas.

Perlu diketahui, terdapat juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip semisal varises tapi ukurannya lebih kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seumpama jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat dengan permukaan kulit dan sering tampak berwarna merah atau biru. Dapat timbul di kaki, wajah, dan dada.

Di atas tersebut yaitu ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Andai ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, bisa dijelaskan sebagai berikut.

Tanda Awal Varises
Pasien dalam keadaan medis tertentu mesti waspada terhadap ciri permulaan varises. Varises dapat mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya agak rentan terkena varises dibanding laki-laki, khususnya pada masa kehamilan atau dengan status berat badan berlebih (obesitas). Pergantian pada kulit seringkali menjadi ciri permulaan yang dapat diamati.

Pembuluh darah bakal kelihatan membesar dan mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang mengalami varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Ciri Varises Lanjut
Walaupun varises nggak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun dapat menimbulkan ketaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri di kaki bakal kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita pun mungkin mendapati perasaan berat di kaki dan terkadang terbentuk pembengkakan. Ruam di kulit pun bisa terjadi yang disusul beserta warna kulit yang menjadi kelewat gelap, jika tak segera ditangani dapat memicu ulkus atau borok pada kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises rahim semisal di atas, tentunya lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila hal tersebut nggak membantu serta varises kelihatan semakin memburuk, maka Anda harus pergi ke dokter buat diagnosis dan terapi yang sesuai dengan keadaan Anda.
Tag : ciri varises
Back To Top