Ciri Ciri Varises Sedang

Apakah Saudara memiliki varises? Buat mengkupas persoalan ini dengan benar, tentunya bagusnya kita harus konfirmasi dengan dokter, namun sebelum itu tidak ada salahnya kalau kita mengenal dahulu bagaimana ciri ciri varises lebih dulu.

Varises adalah penyakit yang diakibatkan oleh lemahnya katup pembuluh darah vena, yang sebagai dampaknya adalah darah akan terakumulasi dalam pembuluh darah yang akhirnya bakal menjadi lemah dan melebar.

Kondisi yang demikian bakal memicu berbagai ciri varises berupa nyeri, terasa pegal, dan terkadang kram otot. Di tahap awal biasanya varises nggak memicu tanda apapun. Tetapi apabila itu terjadi, maka berbagai ciri berikut dapat mengindikasikan seseoraang terkena varises.

Ciri-Ciri Varises


- Vena dibawah kulit yang kelihatan biru keunguan dan menonjol.
- Vena menjadi berkelok-kelok, melingkar, bergelembung, dan berbonjol-bonjol.
- Pada kasus yang fatal dapat timbul ulkus atau borok dalam kulit di dekat pergelangan kaki.

Gejala Varises


- Rasa pegal atau berat di kaki
- Rasa panas, berdenyut, kram otot serta pembengkakan pada tungkai bawah
- Rasa sakit di kaki yang memburuk setelah duduk atau berdiri yang tidak sebentar
- Gatal di sekitar area varises beserta penampakan semisal di atas.

Perlu diketahui, terdapat juga bentuk varises yang lain yaitu spider veins, mirip seperti varises tapi ukurannya kelewat kecil. Pas dengan namanya, ia sering berbentuk seperti jaring laba-laba. Spider veins ditemukan dekat dengan permukaan kulit dan sering terlihat berwarna merah atau biru. Dapat terjadi pada kaki, wajah, serta dada.

Di atas tersebut ialah ciri-ciri serta gejala varises secara umum. Kalau ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya, dapat dijelaskan sebagai berikut.

Ciri Permulaan Varises
Pasien dengan kondisi medis tertentu harus waspada terhadap tanda awal varises. Varises dapat mudah timbul di pasien yang telah didiagnosis dengan cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan hormon atau tromboflebitis (gangguan pembekuan darah).

Kaum perempuan tampaknya lebih rentan terkena varises dibanding laki-laki, terutama pada masa kehamilan atau dengan status berat badan berlebih (obesitas). Perubahan di kulit seringkali menjadi gejala awal yang bisa diamati.

Pembuluh darah bakal terlihat membesar serta mendapati pergantian warna kemerahan, kebiruan, dan keunguan. Pembuluh darah bakal sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena varises biasanya ditemukan di sekitar bokong, betis atau paha.

Gejala Varises Lanjut
Walaupun varises nggak dianggap sebagai penyakit yang serius, namun bisa menimbulkan ketaknyamanan serta dapat menjadi parah. Nyeri di kaki akan kelewat dominan setelah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Penderita juga mungkin mengalami perasaan berat di kaki serta terkadang terjadi pembengkakan. Ruam di kulit juga bisa terbentuk yang disusul dengan warna kulit yang menjadi lebih gelap, kalau nggak segera ditangani dapat mengakibatkan ulkus atau borok di kaki.

Ketika terdapat ciri ciri varises esofagus semisal di atas, tentunya lakukanlah pergantian gaya hidup. tetapi, apabila itu tak membantu dan varises terlihat semakin memburuk, tentunya Sobat harus pergi ke dokter untuk diagnosis dan terapi yang sesuai dengan keadaan Sobat.
Tag : ciri varises
Back To Top